Mencari Pemimpin Politik 2014

Gambar

Update Media, 22 Februari 2013

Update media kali ini akan mengangkat tema “Mencari Pemimpin Politik.” Media seperti Kompas dan Media Indonesia memotret peluang tokoh-tokoh politik yang berpotensi maju dalam pemilihan presiden 2014 nanti.

Berdasarkan pemberitaan Kompas dan Media Indonesia, belum ada kandidat yang benar-benar menonjol, populer dan memiliki elektabilitas tinggi. Tokoh lama seperti Megawati Soekarnoputri, Jusuf Kalla, Wiranto, Prabowo dan Aburizal Bakrie punya popularitas tinggi namun elektabilitasnya masih rendah. Sedangkan tokoh baru dengan popularitas dan elektabilitas tinggi adalah Joko Widodo, tetapi tidak terlalu dominan.

Lepas dari popularitas dan elektabilitas, beberapa kriteria pemimpin nasional bermunculan. Seperti kriteria yang diusulkan Mahfud MD (Ketua MK), pengajuan calon presiden harus memenuhi tiga syarat, yaitu berkualitas, didukung rakyat, dan diusung parpol. Jika salah satunya tidak dipenuhi maka sulit untuk maju jadi pemimpin bangsa.”

Sedangkan Hary Tanoesoedibjo, Ketua Dewan Pertimbangan Partai Hanura, Indonesia hanya bisa berubah jika muncul pemimpin-pemimpin muda seperti “Bill Clinton, George W Bush, dan Barack Obama yang muncul di usia 40-an. Demikian pula dengan Bung Karno dan Soeharto yang juga muncul pasa usia 40 –an. Apalagi Indonesia saat ini didominasi 80% penduduk di bawah usia 55 tahun.

Sedangkan menurut Fadli Zon, kriterianya adalah kejujuran, keadilan, dan kepemimpinan dari Presiden 2014 nanti. Jadi, siapa Presiden dan Wakil Presiden berikut? [veri-santo]

Sumber, Kompas dan Media Indonesia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s