Siapa Calon Ketua Demokrat?

Update Media, 2 Maret 2013

Jika pemberitaan sebelumnya menyebut nama Marzuki Alie dan Soekarwo sebagai calon pengganti Anas, kini beberapa nama baru bermunculan dalam bursa. Kompas (2/3), mengungkap nama-nama baru baik dari internal maupun eksternal Demokrat seperti Syarifuddin Hasan (anggota Dewan Pemina), Jenderal TNI AD Pramono Edhie dan Jenderal (Purn) Djoko Santoso. Namun dukungan cukup konsisten dari beberapa tokoh demokrat tetap diberikan kepada Marzuki Alie. Berikut profile beberapa tokoh dimaksud.

Marzuki Alie, lahir di Palembang, 6 Nopember 1955. Kiprah Marzuki masih tergolong baru dan sekarang menjadi Ketua DPR RI periode 2009-2014. Sebelumnya merupakan PNS di Departemen Keuangan pada 1975-1999. Praktis masuk dunia politik tergolong baru, Tahun 2003 bergabung dengan Partai Demokrat.

Sedangkan Syarifuddin Hasan, kelahiran Palopo, Sulawesi Selatan, 17 Juni 1949 merupakan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR periode 2004-2009 lalu. Sebelumnya pernah menjadi anggota Komisi XI dan Panitia Anggaran dari Fraksi Demokrat. Syarifuddin Hassan juga pernah menjabat sebagai ketua DPD dan DPP Partai Demokrat.

Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo sekarang menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur Periode 2009-2014. Pria kelahiran Madiun, 16 Juni 1950 ini dikenal sebagai sosok birokrat tulen. Pernah menjabat sebagai kepala Cabang Dinas Pendapatan Surabaya Selatan, Kepala Subdinas Perbankan Dinas Pendapatan Surabaya, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Tingkat I Jatim, kepala Dinas Pendapata Daerah dan terakhir menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur.

Pramono Edhie Wibowo, lahir di Magelang-Jawa Tengah, 5 Mei 1955. Pramono merupakan adik dari Ani Yudhoyono, istri Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat-Susilo Bambang Yudhoyono. Kariernya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) yang menggantikan Jenderal TNI George Toisutta. Sebelumnya, Pramono menjabat sebagai Panglima Kostrad dan menjabat sebagai Pangdam III SIliwangi pada 2009.

Djoko Santoso lahir di Solo-Jawa Tengah, 8 September 1952. Merupakan Panglima TNI sejak 2007-2010. Sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat  (2005). Karir Djoko di militer dimulai dengan menjabat Danton 1 Kompi Senapan A Yonif 121/Macan Kumbang. Pangkat Perwira Tinggi Mulai karir dengan menjabat sebagai Waassospol Kaster TNI (1998), Kasdam IV/Diponegoro (2000), Pangdivif 2 Kostrad (2001), Pangdam XVI/Pattimura dan Panglima Komando Operasi Pemulihan Keamanan di Maluku (2002-2003), Panglima Kodam Jaya (2003) dan Wakil Kepala Staf TNI AD (2003-2005).

Siapapun nama-nama yang akan dimajukan nanti, tentunya harus mampu menjawab tantangan dan problem yang dihadapi Demokrat. Lebih penting lagi, mekanisme pemilihan harus dilakukan secara demokratis. Sebagai partai yang dikenal dengan etika berpolitik santun tentunya tidak akan begitu saja melakukan penunjukan ketua baru. Tapi semua tergantung Yudhoyono.

Perkembangan di Demokrat, partai ini belum juga menetapkan jadwal pelaksanaan KLB. Namun rencananya, Majelis Tinggi akan mengumpulkan pengurus dari 33 propinsi di kediaman Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu ini.

Ilustrasi: blogbojonegoro.com 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s