Memperjuangkan Keterwakilan Diaspora

Update Berita, 07 Maret 2013

Kilas Politik dan Hukum, Kompas (7/3) memberitakan soal gugatan WNI LN di MK. Tuntutan ini diajukan agar kedepan ada wakil khusus bagi WNI yang berada di luar negeri. Soal argumentasi konstitusional tentu sudah disampaikan dihadapan Majelis Hakim Konstitusi, tapi yang diperlukan adalah dukungan politik dari banyak pihak, Pemerintah dan DPR.

Soal gugatan diaspora ini, Anggota KPU punya pandangan sendiri. Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, tingkat partisipasi WNI di LN pada Pemilu 2009 rendah. Dari 1,47 juta orang dalam daftar pemilih, WNI yang menggunakan hak pilihnya hanya 329.161 (22,3%). Karena itu target KPU kedepan adalah meningkatkan tingkat partisipasi pemilih di luar negeri.

Sebenarnya persoalan rendahnya tingkat partisipasi pemilih merupakan salah satu argumentasi yang disampaikan dalam persidangan ke MK. Bahwa rendahnya tingkat partisipasi ini salah satunya disebabkan tidak adanya perhatian serius dan prioritas untuk memberikan hak bagi WNI LN. Beberapa orang juga menyampaikan bahwa ketidakjelasan wakil rakyat yang akan memperjuangkan aspirasi mereka, membuatnya ragu untuk berpartisipasi dalam pemilu. salah satu yang disoal, bagaimana mungkin keterwakilan mereka akan diberikan kepada wakil dari DKI Jakarta 2 yang secara kebutuhan politik jelas-jelas berbeda. Menurut Presiden Diaspora Indonesia, Mohamad Al-Arief, persoalan WNI LN sangat unik dan beragam.

Tentu melekatkan keterwakilan WNI LN dengan wilayah DKI Jakarta bukan pilihan yang tepat mengingat jumlah WNI LN diluar cukup signifikan yakni 4,6 juta jiwa. Besarnya jumlah penduduk ini lebih besar dari total jumlah penduduk di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan yang tergabung dalam Dapil DKI 2. Semoga MK mempertimbangkannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s